MAIN MENU

Menengok Prasasti Batu Ikan Belida di Makam Kiai Gede

  • Menengok Prasasti Batu Ikan Belida di Makam Kiai Gede

Menengok Prasasti Batu Ikan Belida di Makam Kiai Gede

Jika Anda berziarah ke Makam Kiai Gede, di halaman depan Anda akan menemukan Batu Ikan Belida yang dijadikan sebagai prasasti. Batu ini sekilas memang menyerupai bentuk ikan belida.

Batu Ikan Belida ini konon diyakini sebagai Ikan Belida raksana yang pernah hidup di masa lalu dan turut menorehkan cerita mistis dan gaib terkait keberadaan daerah Kutaringin atau yang sekarang dikenal dengan Kotawaringin Lama. 

Konon, batu ikan belida ini dulunya memiliki kekuatan gaib dan bisa berbicara dengan manusia bahkan bisa mengabulkan permintaan warga. Batu ikan belida ini bahkan pernah memberikan penanda akan kehadiran ulama yang menyebarkan agama Islam yakni Kiai Gede. Mungkin hal inilah yang menyebabkan prasasti batu ikan belida ini diletakkan di area pemakaman Kiai Gede.

Dahulu, kemarau panjang selama 7 tahun sempat menghampiri desa tersebut, hingga aliran sungai yang panjang dan berkelok menjadi daratan. Penduduk menderita kekeringan karena kekurangan air. Saat menyusuri aliran sungai yang mengering, salah satu penduduk menemukan Ikan Belida Besar yang masih hidup. Hal ini tentunya mengherankan, karena ikan  tidak mungkin hidup tanpa air. Sehingga penduduk meyakini bahwa Ikan Belida tersebut menutupi mata air. Saking besarnya ikan tersebut, masyarakat bergotong royong mengangkat ikan tersebut untuk menemukan sumber air. Benarlah adanya bahwa di bawah ikan tersebut terdapat sumber air yang dicari-cari.

Setelah bertahun-tahun mengalami penderitaan, akhirnya penduduk setempat bisa merasakan guyuran air hujan kembali. Namun pada akhirnya, penduduk menemukan bahwa Ikan Belida sudah membujur kaku menjadi batu.


Bagikan ini di :

Admin
Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat

0 COMMENTS

LEAVE A REPLY

REKOMENDASI TOPIK