MAIN MENU

Mengunjungi Makam Raja Kesultanan Kotawaringin

  • Mengunjungi Makam Raja Kesultanan Kotawaringin
  • Mengunjungi Makam Raja Kesultanan Kotawaringin

Mengunjungi Makam Raja Kesultanan Kotawaringin

Mari berwisata mengunjungi makam raja-raja di Kesultanan Al Nursari, Kotawaringin Lama, Kotawaringin Baru, Kalimantan Tengah. Di tempat ini terdapat makam raja-raja yang pernah memerintah di Istana Alnursari. Mulai dari raja ke-2 hingga ke-8 beserta keluarga. Ada yang berada persis di belakang Astana Alnursari, di sebuah bangunan lama dan ada pula makam raja yang terpisah oleh jalan umum. 

Berbeda dengan makam raja-raja di Jawa, yang hanya dikhususkan untuk raja dan keluarga, di pemakaman raja Kotawaringin ini pemakaman raja bercampur dengan makam umum. 

Persis di bagian belakang Astana Al Nursari terdapat makam keluarga raja yang nampak terpelihara dan diberikan ruang khusus dan sudah tertutup untuk umum. Namun jika kita berjalan lagi ke belakang melewati perkampungan penduduk, terdapat makam raja-raja yang keberadaannyapun sebagian sulit untuk diidentifikasikan.

Selain itu, kompleks makam juga kurang terpelihara dengan baik. Sebagai besar dari makam tersebut hanya terlihat seperti tanah dengan patok-patok kayu tanpa diketahui dengan jelas identitasnya.

Adapun Raja Pertama Pangeran Antakusuma wafat di Banjarmasin dan dimakamkan di Quin, sedangkan Raja ke sembilan Pangeran Ratu Imanudin dan seterusnya dimakamkan di Kutabatu Pangkalan Bun.


Bagikan ini di :

Admin
Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat

0 COMMENTS

LEAVE A REPLY

REKOMENDASI TOPIK